Cara Sharing File di Windows 10 untuk Berbagai Dokumen dengan Mudah

 Apa yang Dimaksud dengan File Sharing?

File sharing adalah praktik membagikan atau memberikan akses ke berkas yang ada di dalam media penyimpanan, seperti program komputer, multimedia (audio, gambar, dan video), serta dokumen atau buku elektronik. 


Cara Sharing File di Windows 10

Cara sharing file di Windows 10 sebenarnya tidak ada bedanya dengan proses membagikan berkas secara normal. Metode yang dapat digunakan untuk membagikan berkas di Windows 10 ini juga sangat beragam, mulai dari yang fisik hingga yang online. Berikut ini adalah beberapa cara sharing file di Windows 10.

1. Menggunakan Fitur Sharing Folder Windows 10

Windows 10 memiliki fitur file sharing yang dapat digunakan untuk berbagi data melalui jaringan komputer. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka This PC atau File Explorer.
  • Cari berkas yang ingin dibagikan. Klik kanan pada berkas tersebut, lalu pilih opsi “Share with >” atau “Give access to >”. Anda dapat memilih orang tertentu yang ada di dalam daftar, atau “Everyone: agar setiap orang dapat mengakses berkas tersebut.
  • Selanjutnya, akan muncul pop up yang memberikan beberapa opsi, pilih opsi “Yes, turn on discovery and file sharing for all public networks” untuk memberikan akses berkas kepada orang yang berada di jaringan komputer.
  • Setelah itu, Anda akan menerima pop up yang berisi konfirmasi “Your Folder is Shared”.
  • Klik “Done” untuk mengakhirinya.
Setelah fitur file sharing pada berkas tersebut sudah dinyalakan, ada beberapa cara sharing file di Windows 10 yang dapat Anda lakukan, seperti melalui jaringan internet yang sama maupun menyambungkan jaringan komputer yang ingin diberikan akses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMASANG (INSTAL) DANG MENGHAPUS MAGIC LANTERN

TATA CAHAYA DALAM PENGAMBILAN GAMBAR

PENGAMBILAN GAMBAR DENGAN TEKNIK ZOOMING DAN PANNING